Rabu, 07 Desember 2016

Cara Georeferencing Menggunakan AutoCAD (RubberSheet)

Peta Vektor Sebelum Dilakukan Transformasi Koordinat 2 Dimensi






Rubbersheet (Transformasi 2 Dimensi) di Autocad



1. Buka peta vektor yang akan dilakukan transfomasi 2 dimensi dengan cara klik dua kali pada file (.dwg) tersebut.

2. Klik Map > Tools > Rubber Sheet 
3. Akan muncul tulisan “Base Point 1” pada command. Pilih titik yang akan dijadikan acuan dalam proses transformasi koordinat 2 dimensi, titik tersebut sudah memiliki informasi koordinat pada peta vektor tersebut.
 
4. Setelah memilih base point 1,akan muncul tulisan “Reference Point 1” pada command. Ketik angka koordinat yang sesuai pada informasi koordinat. Kemudian klik Enter.
 
5. Lakukan langkah ketiga dan keempat tersebut secara berulang hingga pada titik acuan yang ketiga atau lebih (minimal titik acuan yang digunakan dalam proses rubbersheet adalah 3 titik) dan ditandai dengan munculnya tulisan “Reference Point 4” pada command. Kemudian klik Enter.





 
6. Maka akan muncul tulisan “Select object by [Area/Select]<Area>:  Pilih “Select” dengan cara klik tombol “S” pada keyboard, lalu klik Enter.






7. Setelah itu akan muncul tulisan “Select Object”, kemudian pilih lembar peta vektor dengan cara di blok. Kemudian klik Enter.
 

8. Maka Peta Vektor Setelah Dilakukan Transformasi Koordinat 2 Dimensi menjadi seperti ini:

9. Selesai. Catatan penting Input koordinat harus di Command. Hanya X , Y. Tanpa simbol @X,Y . Simbol @ ketika input koordinat akan membuat kesalahan. Input koordinat di ketik pada command lihat contoh diatas. Semoga bermanfaat



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

More Services

Diberdayakan oleh Blogger.

Like on Facebook

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support